Pelita

Kerabat Kristus

“Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”
(Matius 12:50)


Pastinya para murid sangat terkejut ketika mendengar pernyataan Yesus di atas. Kata-kata Yesus ini memberi kesan bahwa bagi-Nya kehadiran ibu dan para saudara-Nya di tengah khalayak yang sedang mendengar pengajaran-Nya tidaklah penting. Tambahan lagi, Dia bertanya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?” (Mt 12:48). Seolah-olah, Yesus tidak mengakui mereka. Betulkah demikian? Kalau kita renungkan lebih dalam, sejatinya Yesus sedang menyampaikan pesan yang sangat berbeda kepada para pendengar-Nya. Yesus memberi kita sebuah makna baru tentang keluarga dan syaratnya adalah melakukan kehendak Bapa-Nya di surga. Bagi-Nya, keluarga itu tidak hanya karena adanya ikatan hubungan darah.

Lalu, apa kehendak Bapa surgawi bagi kita?
Melakukan kehendak Bapa ialah mengikuti teladan hidup Yesus, dan menghayati semangat Injil. Dalam bagian lain Injil Matius, Yesus mengagaskan dua hukum yang utama, yakni “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu” dan “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Bdk. Mt 22:37-39).

Setiap hari kita pastinya berinteraksi dengan orang-orang yang mungkin sangat membutuhkan uluran kasih, dukungan, atau penghiburan. Kehendak Bapa Surgawi bagi kita ialah untuk merangkul mereka semua dan menjadi penuh kasih terhadap setiap orang yang ada di sekitar kita, tanpa syarat dan tebang pilih.
Dan, sebagaimana kita bersedia untuk berkolaborasi dengan Yesus dalam menghadirkan Kerajaan Allah di tengah dunia, kita pun harus bersedia menapaki jalan pengorban-Nya, untuk bermurah hati, membina sikap saling mengasihi dan mengampuni.

Dengan itu, kita sungguh-sungguh menjadi kerabat sejati Yesus Kristus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s