Pelita

Menjadi Mutiara Kristus

“Hal Kerajaan Surga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.”
(Matius 13:45-46)


Menjadi seorang pengikut sejati Kristus berarti memiliki prioritas yang berdasar pada nilai-nilai injili yang telah diteladani Yesus Kristus sendiri. Melalui perumpamaan tentang seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah dan berharga, Yesus mengajak kita untuk menjadikan semangat perwujudan Kerajaan Allah di tengah dunia—sebuah komunitas umat manusia yang penuh damai, berlimpah kasih sayang, melayani secara total dan mengampuni tanpa pamrih—sebagai prioritas utama.

Di tengah budaya hedonisme yang membabi buta, kita ditantang untuk bermurah hati tanpa pamrih bagi mereka yang miskin dan terpinggirkan.
Di tengah praktik kekerasan yang menjadi-jadi, kita diundang untuk menjadi pembawa damai dan menghargai nilai kehidupan, baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat.
Di tengah praktik politik yang korup, nepotisme dan rasisme, kita dituntut untuk mengesampingkan kepenting pribadi, bekerja dengan adil dan bertanggung jawab demi meruntuhkan segala bentuk intoleransi dan apapun yang memecah belah semangat hidup bersama.
Di tengah sikap acuh tak acuh yang merajalela, kita diajak untuk tetap teguh pada komitmen Kristiani kita, yakni menjadi pribadi dengan iman yang hidup dan rela berkorban untuk sesama tanpa tebang pilih.

Apakah hal yang paling berharga dalam hidup kita? Apakah semangat yang teladani Kristus dalam Injil juga termasuk harta berharga dan prioritas hidup Kristiani kita? Kita semua adalah mutiara berharga yang dihadirkan Tuhan ke tengah dunia dan bagi sesama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s